Karya Tulis Ilmiah



PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PESAN KHUSUS GIZI SEIMBANG PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V DI SD NEGERI POLEHAN 5 KOTA MALANG

Prodi : PROGRAM STUDI DIPLOMA III GIZI
Pengarang : ANNISA ZEN FIRDAUSIYAH
Dosen Pembimbing : IBNU FAJAR
Klasifikasi/Subjek : , media pembelajaran, pop-up book, gizi, gizi seimbang
Penerbitan : , Malang: 2019.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK ANNISA ZEN FIRDAUSIYAH, 2019. Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Media Pop-up Book untuk Meningkatkan Pengetahuan tentang Pesan Khusus Gizi Seimbang pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV dan V di SD Negeri Polehan 5 Kota Malang. Karya Tulis Ilmiah, Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing : IBNU FAJAR Pentingnya penyuluhan mengenai pesan khusus gizi seimbang bagi anak usia sekolah mendorong terciptanya media baru yang inovatif untuk mendorong minat dan ketertarikan anak untuk lebih mengenal pentingnya gizi seimbang. Oleh karena itu perlu dilakukan metode pembelajaran dengan cara penyuluhan menggunakan media pop-up book. Tujuan penelitian ini adalah membuat media pembelajaran menggunakan media pop-up book untuk peningkatan pengetahuan siswa kelas IV dan V di SD Negeri Polehan 5 Kota Malang. Metode Penelitian menggunakan desain penelitian quasi experiment (pre-test post-test control desain) yaitu untuk mencari pengaruh/perbedaan sebelum dan sesudah penyuluhan dengan menggunakan media pop-up book dan tanpa media pop-up book. Populasi dalam penelitian ini adalah 41 siswa SD Negeri Polehan 5 Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 11 responden yang telah didapatkan dari kelas VI dan V masing-masing 6 responden dan 5 responden di SD Negeri Polehan 5 Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan atau bermakna pada pengetahuan responden sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) penyuluhan dengan menggunakan media pop-up book dan tanpa media pop-up book. Hal ini dibuktikan penyuluhan menggunakan media pop-up book dengan nilai p = 0,003 (p < 0,05) yang dapat diartikan H0 ditolak dan H1 diterima, sedangkan penyuluhan tanpa media pop-up book dengan nilai p = 0,005 (p < 0,05) yang dapat diartikan H0 ditolak dan H1 diterima. Pembuatan media pop-up book dapat meningkatkan pengetahuan yang diterapkan dalam upaya meningkatkan pengetahuan siswa di SD Negeri Polehan 5 Kota Malang tentang pesan khusus gizi seimbang dengan lebih menarik. Kata kunci : media pembelajaran, pop-up book, gizi, gizi seimbang



Lampiran

File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]

File Abstraksi : [ Unduh ]

File Daftar Isi : [ Unduh ]

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]